Update Cara Parkir atau Mengarahkan Domain ke Blogger/ Blogspot Terbaru


Update Cara Parkir atau Mengarahkan Domain ke Blogger/ Blogspot Terbaru
Sumber: www.dojo.cc


Parkir domain merupakan sebuah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh blogger dan websiter untuk mengalihkan suatu domain ke domain lain. Mengalihkan di sini berarti membuat suatu pengalihan terhadap suatu domain atau subdomain sehingga saat mengunjungi domain lama atau subdomain lama maka pengunjung akan otomatis dialihkan ke domain baru. Misalnya, blog ini dulunya berawal dari subdomaian yang ada di blogger yaitu komteknet.blogspot.com, nah sekarang saya parkir domain www.komteknet.info ke blog ini, sehingga saat anda mengunjungi komteknet.blogspot.com maka secara otomatis anda akan dialihkan ke komteknet.info. Namun saat anda mengunjungi komteknet.info anda tidak akan dialihkan ke komteknet.blogspot.com. Jadi, sekarang yang menjadi domain utama adalah komteknet.info.

Dalam proses parkir domain, ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu kemanakah kita akan memarkirkan domain tersebut, ke blogger, ke wordpress, ke mywapblog, ke hosting sendiri, atau yang lainnya. Nah, setiap dari penyedia blog atau hosting tersebut tentulah berbeda Name Server (NS) dan Pengaturan Domain Name System (DNS). Maka dari itu, untuk memarkirkan domain kita harus memasukkan Name Server atau Domain Name System yang sesuai dengan penyedia blog atau hosting yang kita gunakan.

Name Server adalah nama dari sebuah web server yang biasa digunakan untuk mengarahkan suatu domain ke sebuah server. Name server biasanya ditulis ns1.alamatserver.com. Namun, tidak semua server penyedia blog atau hosting hanya menggunakan Name Server saja, terkadang mereka juga menggunakan DNS Management. DNS merupakan sebuah sistem yang sangat penting dalam menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data di dalam jaringan komputer. Dalam Parkir Domain, DNS Management sangat bermanfaat dalam memberikan target yang nantinya akan kita gunakan untuk menghubungkan ke penyedia blog atau hosting yang kita gunakan sehingga kita bisa memarkir domain. Contoh penyedia blog yang menggunakan DNS Management dalam memarkir domain adalah Blogger/ Blogspot.

Adapun cara memarkir domain di Blogspot:
Cara ini bisa digunakan untuk semua penyedia domain seperti Domainesia, Namecheap, Domain.com, Name.com, Godaddy, dan lain-lain.
1.    Pertama, anda beli dulu sebuah domain di penyedia domain yang menurut anda terbaik. Baca artikel tentang Daftar Situs Penyedia Domain Lokal dan Internasional Terbaik 2016, sehingga bisa menjadi rujukan bagi anda.
2.     Setelah anda membeli domain, maka hal yang perlu anda lakukan adalah dengan dengan masuk ke halaman Dashboar Blogger, lalu silahkan mengunjungi atau klik Setelan dan Dasar. Jika sudah, maka klik pada bagian +Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda. Lihat gambar di bawah ini:
Parkir Domain di Blogger

3.      Kemudian masukkan domain yang anda beli tadi ke kotak yang telah disediakan, lalu klik simpan hingga muncul tulisan error seperti gambar di bawah ini (Kami tidak dapat memverifikasi otoritas anda untuk domain ini. Kesalahan 12). Tulisan error itu abaikan saja, lalu lihat di bagian yang dilingkari, maka akan ada bagian Nama, Label atau Host (www dan kode acak) dan Tujuan, Target atau mengarah ke (ghs.google.com dan kode acak). Nah, catat itu semuanya. Kode-kode inilah yang akan membantu kita dalam memparkir domain.
Parkir Domain di Blogger

4.      Jika sudah, maka masuk ke DNS Management dimana anda membeli domain. Setelah itu, masukkan 4 buah A (Address) Record dan 2 CNAME Record. Isi 4 A Record dan 2 CNAME Record tadi dengan:
 4 A Record:
Hostname : @
Type: A
Address: 216.239.32.21
Hostname : @
Type: A
Address: 216.239.34.21
Hostname : @
Type: A
Address: 216.239.36.21
Hostname : @
Type: A
Address: 216.239.38.21
2 CNAME Record:
Hostname : www
Type: CNAME
Address: ghs.google.com
Hostname : Host Acak dari Google
Type: CNAME
Address: Target Acak dari Google
Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat gambar di bawah ini:
Parkir Domain di Blogger

5.     Jika sudah anda masukkan, maka tunggu beberapa saat. Lalu kembali lagi ke langkah nomor 2 dan 3. Masukkan domain baru anda ke kotak yang telah disediakan, dan klik simpan sampai tidak ada tulisan error lagi. Jika masih ada, maka tunggu beberapa jam. Jika tidak ada error lagi, maka conteng bagian “alihkan domainanda.com ke www.domainanda.com, lalu klik simpan lagi. Lihat gambar di bawah:
Parkir Domain di Blogger

6.      Jika cara-cara di atas berhasil anda lakukan, maka anda berhasil memarkirkan domain di blogger. Langkah selanjutnya adalah mengecek apakah domain sudah bekerja dengan baik atau belum dengan langsung mengunjunginya langsung.

Bagaimana? Cukup mudah bukan. Artikel ini khusus hanya untuk blogger saja, untuk penyedia blog lain insya allah akan saya share di lain kesempatan. Oh iya, artikel ini juga berlaku untuk domain gratisan yang memiliki DNS Management seperti Freenom. Jadi anda bisa memarkir domain gratisan dari freenom ke blogger.


Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, jika ada yang masih anda belum mengerti dan pahami silahkan bertanya di kolom komentar, maka saya akan dengan senang hati untuk mebalasnya. Diharapkan berkomentar yang relevan, komentar yang tidak relevan maka akan dihapus. Terimakasih...

Related Posts:

5 Responses to "Update Cara Parkir atau Mengarahkan Domain ke Blogger/ Blogspot Terbaru"

  1. Bermanfaat banget mas, ternyata kalau cname aja malah domain saya jadi ga bisa diakses tanpa www, tapi setelah diatur dengan tambahan address name jadi bisa.

    Makasih mas, jadi terasa manfaatnya, karena bisa meningkatkan pengunjung kalau blog kita bisa diakses tanpa www maupun dengan www.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sama-sama. itulah fungsi dari seorang blogger, selalu berbagi...

      Delete
  2. Hmm ternyata begitu ya mas saya sih belum begitu pahan tentang ini, okeh terima kasih ya untuk infonya sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  3. Ane masih bingung gan kalo masalah dollarnya itu. Masih kenal sama ane gak gan?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan jangan SPAM