3 Cara Uninstall Sebuah Program atau Aplikasi di Komputer/ Laptop

 
Sumber: www.software182.com
Uninstall adalah sebuah upaya untuk menghapus, mencabut, membuang atau melepaskan sebuah program dan aplikasi di komputer. Uninstall ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang merasa aplikasi atau perangkat lunak yang ada di dalam komputer/ laptopnya tidak ada gunanya lagi. Karena, semakin banyak program yang tidak berguna dan terpasang di laptop, maka semakin lambat pula lah kinerjanya.

Namun, masih banyak saja orang yang tidak tahu tentang bagaimana cara untuk uninstall, padahal caranya sangat mudah dan ada berbagai metode. Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara untuk uninstall program/ aplikasi yang terpasang di laptop anda. Sebenarnya, pada artikel ini saya akan bagikan 3 cara yang bisa anda terapkan di laptop anda.

Dari ketiga cara ini, anda bisa menerapkannya dengan mudah dan tanpa ribet, karena untuk melakukannya hanya butuh beberapa menit, bahkan tidak sampai 1 menit. Selain itu, jika anda ingin melakukannya lagi di suatu hari, anda sudah bisa menghapal cara-caranya sehingga tidak butuh searching lagi di google. Baiklah, tanpa lama-lama lagi langsung saja berikut caranya:

3 Cara Uninstall Sebuah Program atau Aplikasi di Komputer/ Laptop (Windows Vista, Exp, 7, 8, 10)

Cara Pertama:
Cara pertama ini adalah dengan menggunakan file Uninstall yang terdapat di dalam folder penyimpanan program tersebut. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencari file Uninstall lalu klik dua kali, dan tunggu hingga proses Uninstall selesai. Lihat gambar di bawah ini:


Cara Kedua:
Cara pertama bisa dilakukan jika program tersebut memiliki file Uninstall, namun bagaimana jika program tersebut tidak mempunyai file Uninstall? Dulu saya juga pernah mengalami hal seperti ini, saat saya ingin menghapus program yang tidak saya gunakan lagi. Namun, saat saya ingin Uninstall tidak terdapat file Uninstall-nya. Saya pun mencari-cari bagaimana cara lain agar saya bisa Uninstall tanpa harus menggunakan File Uninstall. Akhirnya saya menemukan caranya, yaitu dengan masuk ke Control Panel lalu pada menu Programs klik Uninstall Program. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman daftar program yang ada di laptop anda, selanjutnya tinggal cari dan pilih program yang ingin di Uninstall. Jika sudah menemukannya silahkan klik dua kali pada program tersebut, atau bisa menggunakan klik kanan lalu klik Uninstall, dan ikuti petunjuk selanjutnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat gambar di bawah ini:



Cara Ketiga:
Sebenarnya cara ketiga ini hampir sama dengan cara kedua, namun yang membedakannya adalah metodenya. Jika cara kedua metode yang digunakan adalah dengan menggunakan halaman Control Panel yang sudah ada di laptop, maka cara ketiga ini adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi ini bernama CCleaner. Selain untuk Uninstall program, CCleaner juga berfungsi untuk meningkatkan serta mempercepat kinerja laptop/ komputer anda. Baca artikel tentang: CCleaner, Aplikasi Terbaik UntukMempercepat Kinerja Laptop/ Komputer Anda.
Cara Uninstall menggunakan CCleaner sangat mudah, pertama download dan install lah dulu aplikasi CCleaner. Jika sudah anda install, silahkan dibuka. Kemudian klik menu Tools, maka akan muncul program-program yang terinstall di laptop anda. Cari dan pilih program yang ingin anda Uninstall, lalu klik Uninstall pada bagian pojok kanan atas, tunggu hingga proses Uninstall selesai. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat screenshot nya di bawah ini:



Mengapa Terlalu Banyak Program Yang Terinstall Maka Semakin Menyebabkan laptop atau Komputer Lemot?
Pertanyaan yang sangat bagus. Kebanyakan program yang terinstall memang memberikan dampak negatif terhadap laptop anda yaitu dapat membuat laptop anda menjadi lemot, apalagi program tersebut tidak ada gunanya. Hal ini disebabkan karena kapasitas sebuah laptop itu memiliki batasannya, misalnya ROM, RAM dan lain-lain. Jika terlalu banyak program yang terinstall, maka laptop tersebut tidak akan kuat untuk menampungnya. Di sini akan saya misalkan seperti ini, jika anda adalah sebuah laptop atau komputernya, kemudian anda disuruh untuk bekerja. Nah, jika semakin hari semakin banyak pekerjaan yang harus anda lakukan, apalagi anda harus melakukan pekerjaan yang menurut anda tidak ada gunanya, maka setiap hari anda akan semakin capek bahkan anda bisa sakit. Sama seperti laptop, jika terlalu banyak program yang harus dikerjakan oleh sebuah laptop dan program-program tersebut banyak yang tidak berguna, maka kinerja dari laptop tersebut akan semakin menurun dan menyebabkan laptop menjadi lemot/ macet-macet/ ngelag.

Selain itu, program-program yang tidak berguna ini juga berbahaya bagi laptop anda, karena biasanya mengandung virus-virus berbahaya. Hal ini pernah saya alami saat menginstall sebuah program dan program itu berbahaya. Alhasil laptop saya sangat menjadi lemot, dan setelah saya datang ingin membenarinya, ternyata virus tersebut telah merusah hardisk laptop saya dan terpaksa harus mengganti hardisk.

Uninstall program yang tidak berguna memang hal yang harus anda lakukan untuk menjaga laptop anda dari hal-hal yang buruk. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk Uninstall laptop anda, dan cara-cara tersebut sangatlah mudah untuk dihafalkan. Program-program yang tidak berguna dapat menyebabkan laptop atau komputer anda menjadi lemot, hal ini disebabkan karena keterbatasan kapasitas laptop yang anda miliki. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini penting bagi anda untuk melakukan Uninstall program yang tidak berguna.


Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang 3 Cara Uninstall Sebuah Program atau Aplikasi di Komputer/ Laptop, jika ada yang masih anda belum mengerti dan pahami tentang artikel ini, saya memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada anda untuk bertanya di kolom komentar. Saya akan dengan senang hati untuk menjawabnya. Namun perlu diingat, gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar saat bertanya, dan juga anda harus menjauhi komentar-komentar SPAM serta komentar yang tidak relevan. Karena komentar-komentar tersebut tidak akan ditampilkan dan akan saya hapus. Selain di komentar, anda bisa bertanya melalui kontak admin yang ada pada blog ini. Sekian, saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya.

Related Posts:

3 Responses to "3 Cara Uninstall Sebuah Program atau Aplikasi di Komputer/ Laptop"

  1. Dari ke 3 cara diatas, cara yang paling bagus nomor berapa gan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya cara pertama dan kedua gan...

      Delete
  2. Klo saya menggunakan cara kedua... karena aplikasi yg terinstall ditampilkan secara list view dan kita tinggal pilih aplikasi mana yg ingin di uninstall.. selain itu..cara kedua merupakan fasilitas bawaan dr os nya

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan jangan SPAM